Sunday, June 15, 2014

Isi Freon AC mobil


Menambahkan freon AC mobil bisa kita lakukan sendiri untuk mengembalikan kinerja nya supaya kembali optimal. Tetapi menambahkan refrigeran bukan satu-satu nya solusi untuk menyelesaikan masalah, mungkin sebelum nya kita harus melakukan pengecekan sistem dari kemungkinan ada nya kebocoran, kerusakan komponen atau sistem hanya kotor saja, beberapa macam alat-alat khusus sebelumnya juga harus kita persiapkan karena tanpa alat-alat ini pekerjaan mungkin akan percuma.

Foto kiriman pembaca saat mengisi freon pada mobil KIA Pregio
Untuk mendiagnosa AC kekurangan freon bisa kita gunakan alat yang bisa mengukur sisi tekanan rendah dan tinggi nya tekanan freon didalam sistem, alat yang dinamakan Manifold Gauge ini bisa kita beli di toko-toko penjual alat-alat pendingin, alat inilah satu-satu nya yang bisa membantu anda mengetahui AC kekurangan freon atau tidak, ada tiga selang dengan warna dan penghubung dengan ukuran berbeda untuk sistem R134a, hubungkan masing-masing selang sesuai warna, selang warna biru untuk sisi tekanan rendah, warna merah untuk sisi tekanan tinggi dan selang warna kuning untuk dihubungkan ke tabung freon.

Hubungkan masing-masing selang dengan benar supaya bisa kita ketahui tekanan pada masing-masing bagian, pembacaan yang normal ketika AC belum dihidupkan untuk sistem R134a biasanya sekitar
80-110 psi, ini tergantung juga pada ambient atau suhu atmosfir sehingga nilai yang saya sebutkan tadi merupakan nilai tekanan rata-rata, jika tekanan yang terukur di manifold kurang dari ukuran standar tadi berarti AC memang kurang freon, selanjutnya hidupkan mesin mobil dengan posisi AC dihidupkan, naikan putaran mesin pada 1000 - 2000 rpm atau sesuaikan dengan anjuran di buku manual nya pada masing-masing kendaraan dan pada kondisi ini biasanya pembacaan pada sisi rendah adalah 25-40 psi sedangkan pada sisi tinggi berkisar 180-250 psi, ukur juga hembusan angin yang keluar melalui ventilasi dan biasanya suhu yang terukur pada saat termostat di setting maksimal adalah sekitar 5 derajat selsius, hal yang perlu dicatat disini adalah lakukan pekerjaan dengan mengutamakan keselamatan kerja dan jangan melakukan pengisian freon dengan berlebihan karena itu tidak perlu dan tidak membuat AC semakin dingin justru akan membuat sistem menjadi rusak.

dikutip dari http://bengkelmania.blogspot.com/2012/09/isi-freon-ac-mobil.html

No comments: