Thursday, December 19, 2013

Isi freon mobil

Sediakan alat
1. manifold gauge (alat pembaca tekanan rendah dan tinggi)
2. tabung Freon R12.


Perhatikan langkah berikut.
1. Pada Manifold Gauge, terdapat 3 selang. Warna kuning yang di tengah terhubung ke Tabung Freon, Warna Biru terhubung ke Low Pressure Pentil (Pentil yang dekat dengan selang ac yg dingin saat ac dinyalakan), dan selang terakhir berwarna merah terhubung ke High Pressure Pentil (selang yg menuju kondenser di bagian depan mobil, yg biasanya dekat dengan radiator dan juga didinginkan dengan kipas elektrik).
2. Pastikan semua valve dalam keadaan tertutup, lalu hubungkan tiap selang ke portnya masing2x.
3. Buka sedikit valve dari tabung, lalu longgarkan sedikit mur selang kuning yang menempel ke Manifold gauge. Tunggu sampai terdengar bunyi Hiss selama 4 detik. Tujuannya untuk membuang udara yang ada dalam selang kuning dan menggantinya dengan Freon.
4. Tutup/rapatkan kembali mur pada selang kuning di manifold gauge tadi, dan tutup juga valve pada tabung freon.
5. Nyalakan mesin dan ac pada setting fan yg paling cepat dan suhu yang paling rendah / dingin dalam keadaan jendela terbuka.
6. Setel engine hingga running pada rpm 1100 sampai 1500.
7. Buka ke 2 valve manifold (Low dan High) hingga terbaca penunjukkan.
8. Idealnya, Tekanan rendah maximum 40 PSI, tekanan tinggi maximum 225 PSI.
9. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.
10. Tutup kembali semua valve, lalu buka sedikit valve tabung.
11. Buka Valve Biru atau low pressure -disinilah proses pengisian froen berlangsung. Tunggu sesaat sampai penunjukkan akan naik dan terbaca 35 (hingga 40) PSI.
12. Dengan mesin tetap menyala, tutup valve low press dan tutup valve tabung.
13. Buka kembali ke 2 valve low and high. Step ini dalah prose pembacaan penunjukkan, jika high pressure belum mencapai 200 PSI, ulangi langkah 10.
14. Begitu seterusnya sampai pembacaan maximal pada point 8.
15. Jika terjadi ketidak sesuaian pembacaan antara Low and High, berarti ada sistem yang tdk bekerja sempurna, indikatornya bisa baca di:
Adding Freon to Car AC - Gauge Readings Explained | Denlors Auto Blog


NB. 1. Untuk tabung dengan isi Liquid freon, sebaiknya tabung direbahkan atau dibalik saat pengisian.
2. Sebaiknya setelan suhu paling dingin (bisa diputar maximal dari thermostat yg dipasang dekang evaporator ac). Tujuannya agar saat proses pengisian berlangsung, ac tetap hidup terus, tdk mati karena terputus oleh Thermostat. Dan itu juga salah satu alasan kenapa Jendela atau pintu sebaiknya di buka.
3. Pengisian sebaiknya dilakukan dengan bukaan valve tabung yg kecil saja, hingga freon yang masuk sedikit demi sedikit (bukan sekaligus).
Tidak tahu persis alasannya, mungkin supaya Kompresor tdk mendadak bekerja berat akibat mendapat tekanan yang langsung besar.


dikutip dari http://forum.kompas.com/otomotif-umum/24925-sharing-pengisian-freon-ac-mobil-yang-benar.html

Cara memeriksa kompresor kulkas

Cara memeriksa kompresor kulkas

Dalam sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll kompresor merupakan komponen vital yang berfungsi mensirkulasikan gas refrigerant. jika kompresor mengalami kerusakan maka pada umumnya pemilik enggan untuk menggantinya dengan alasan harga yang cukup mahal, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak pakai.
Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan
mekanis seperti piston, reed valve dll, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih.
Jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi "kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat.

Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor :
  1. Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng, Tang, Multitester dan jika ada clamp meter.
  2. Setting clamp meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompresor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere yang terukur.
  3. Setting multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multi tester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik
Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 2.
  1. matikan kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak
  2. bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar)
  3. lepaskan relay dan overload dari soket nya.
  4. setting multi tester pada posisi pengukur ohm.
  5. tempel kan pen multitester ke body kompresor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam keadaan baik.
Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor :
Masih pada ke 3 Pin atau soket yang terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C (common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm berarti lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak.

Catatan :
Gunakan alas kaki dan sarung tangan yang kering saat anda hendak melakukan pekerjaan ini.
Patokan pengukuran yang disampaikan khususnya untuk kompressor kulkas 1 pintu/dibawah 100 watt.
 
 
dikutip dari  http://bengkelmania.blogspot.com/2009/05/cara-memeriksa-kompresor-kulkas.html

Cara mengisi freon kulkas

cara mengisi refrigerant kulkas/refrigrator

Dalam hal pengisian refrigrant atau dalam ba,hasa bengkelnya freon kulkas tidaklah sama dengan pengisian freon ac.dalam pengisian freon kulkas ini di perklukan ketelitian dan kehati hatian yang lebih.mengapa diperlukan ketelitian dan ke hati hatian yang lebih??
Karena pada sistem kulkas itu terdapat pipa kapiler yang lebih kecil ukurannya dari pada pipa kapiler ac.bila salah dalam pengisian freon kulkas dapat mengakibatkan  kebuntuan freon / mampet pada pipa kulkas.
di sini saya akan menjelaskan cara pengisian freon pada kulkas yang sesuai prosedur yang biasa di lakukan tukang service kulkas.
Alat alat yang perlu di persiapkan;
1.siapkan freon R 134a atau R12sesuai dengan aslinya.
2.manifold gauge
3.pompa vakum
4.methyl [cairan pembersih kulkas]
5.alat las /hi cook tabung
6.filter dan pentil
7.tang ampere
setelah peralatan yang di butuh kan siap semua,lanjutkan dengan prakteknya.
langkah pertama yang hrus dilakukan adaalah buang semua sisa freon yang ada pada sistem kulkas yng aka di isis freon,selanjutnya pasang pentil sebagai jalan  masuknya freon,kenapa mesti di pasangin pentil??  karena pada kulkas tidak ada pentil buat isi freon.beda sama ac yang memang dari pabriknya di lengkapi pentil.
setelah itu jangan lupa ganti juga filternya,mungkin sudah kotor yang dapat menyebabkan kebuntuan freon/mampet.mumpung masih bermain api alias las, sekalian aja sambungan pipa pipa di tebelin las lasannya biar ga bocor.
langkah sdelanjutnya adalah proses pemakuman, caranya adalah pasangkan salah satu selang manifold ke pentil yang ada di kompresor tadi,kemudian pasangkan selang yang satu lagi ke pompa vakum,lanjutkan nayalakan pompa vakum."kenapa harus di vakum dulu sebelum diisi freon??'' dimaksudkan untuk mendapatkan pendinginan yang sempurna karena tidak ada  udara yang terjebak di dalam sistem,dan bila tidak di vakum maka kulkas tidak akan mencapai dingin yag maksimal atau bahkan tidak dingin dan kompresor mudah panas.
setelah selesai proses vakum sekitar 30 menit atau pada manifol menunjuk di bawah 0 psi/ -30 psi berarti kulkas sudah siap diisi freon.tutup kran manifold,lalu pindahkan selang yang ada di vakum ke tabung freon.
perlu diperhatikan dalam pengisian freon kulkas''janganlah terlalu full dalam membuka jran manifold,bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran* jangan melebihi batas dari 10 psi.
sebelum freon di masukkan terlebih dulu metil di masukkan ke unit sistem agar tidak terjadi mampet freon..
pada saat pengisian freon sambil periksa body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas,bila sisi kulkas terlalu panas jangan di lanjutkan pengisian [stop] itu menandakan bahwa sirkulasi freon tidak berjalan normal,periksa kembali pipa kapiler dan filter,dan bila sisi kulkas terasa hangat maka boleh di lanjutkan pengisian freonnya.itu menandakan bahwa sirkulasi freon yang ada pada sistem berjalan dengan lancar.
pasang tang ampere pada kabel power/kabel kompresor, dan liat besarnya ampere.besarnya ampere tergantung dari besar kecilnya kulkas. biasanya  sekitar 0,5 sampai0,9 ampere.lihat saja di plat wiring belakang kulkas.
bila tekanan freon sudah mencapai 10 psi manifold gauge, tutup kran manifold dan matikan kulkas.kemudian periksa pada meter mannifold,apabila jarum naik sampai angka 50psi  sampai 100psi bila jarum tidak bergerak sama sekali ,berarti sirkulasi freon mengalami kebuntuan/mampet,langkah yang harus dilakukan adalah buang freon semua bila perlu ganti filer dengan yang baru dan lakukan proses seperti tersebut diatas dari awal.
apabila jarum menunjukkan angka 50psi sampai100psi kemudian nyalakan kembali setelah 10 menit..
emang pengerjaan kulkas di butuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.. sambil menunggu proses pengisian selesai bisa nyruput kopi dulu, yang sudah di siapin oleh tuan rumah,klo ga di ksih ya jangan maksa hehehehee
keterangan:
1.pompa vacum
2.clamp meter/ tang ampere
3.manifold gauge
4.refrigerant r 134a/freon
5.methyl/ thawsone
6.gas lpg/ hi-cook
7.oksigen untuk las


untuk no 7,bila tidak punya bisa pakai las type lain ---->>



dikutip dari  http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/07/cara-mengisi-freon-kulkas.html

Cara Vakum Kulkas

dalam
sistem
pendingin
seperti
Air conditioner,kulkas
dll
pada
saat
pengggantian
kompresor ataupun pengisian freon harus di lakukan pemakuman karena bila tidak maka mesin kompresor tidak akan bekerja dengan baik dan hasilnya pun AC ataupun kulkas tidak akan dingin, karena refrigerant yang terdapat di dalam sirkulasi tsb bercampur dengan udara. saran saya sebelum melakukan pengisian freon hendaknya kompresor tersebut di vakum terlebih dahulu, sebelum itu lakukan juga flushing agar oli yang terdapat pada pipa-pipa akan keluar sehingga pada pipa tersebut benar-benar bersih dari debu/ kotoran dan sisa sisa oli yang terdapat pada jalur sirkulasi pendingin itu. Cara vakum kulkas tanpa menggunakan mesin vakum ini bila di dalam AC biasa di sebut vakum body (manual) dan bila pada kulkas di sebut vakum strainer atau vakum lewat lubang saringan karena cara ini lebih mudah tanpa harus punya mesin vakum. Langkah pertama seperti biasanya siapkan alat-alat yang di butuhkan yaitu:
1. Blender gas (Hi cook)
*alat ini yang biasa di bawa alkatro buat masak pada saat naik gunung*
2. Methyl sebagai pembersih pipa
3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk kulkas.
4. Kawat las dan borax *serbuk agar kawat las dapat menempel pada pipa*
5. Tang Amper meter *jangan ketinggalan* langkah langkah pengerjaannya:
1. Pada pipa strainer kulkas terdapat 2 lubang pipa kapiler (panjang dan pendek) dan satu pipa yang terhubung ke kondensor kulkas, potong pipa kapiler yang pendek *berikan sedikit lubang udara* tapi ingat sebelumnya sudah di lakukan FLUSHING 2. Pasang tang amper dan selang manifold kuning pada pentil pengisian freon di kompresor guna mengetahui proses pemakuman itu. 3. Hidupkan kulkas agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak...? bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terjerembam di dalam pipa pipa akan keluar.
4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit *untuk dapat hasil yang maksimal *jika menggunakan mesin vakum waktu relatif lebih cepat*. 5. jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las- an pada pipa. 6. pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat
manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil tsb. 7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini: - Cabut power kulkas, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power kulkas di cabut kompresor kulkas tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor
kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua.., setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.
8. terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada kulkas dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai sekarang tinggal mengisi freonnya, ISI FREON KULKAS hingga bertekanan 10 psi dan sesuaikan ampere kompresor

dikutip dari  http://s60v2967.mywapblog.com/cara-vakum-menual-kulkasganti-oliganti-p.xhtml

Cara mengisi freon kulkas

Cara mengisi Freon pada Kulkas

mengisi freon pada kulkas berbeda dengan cara mengisi freon pada Air conditioner/AC. Pengisian freon pada kulkas perlu ketelitian karena pada kulkas terdapat pipa kapiler yang ukurannya lebih kecil di bandingkan pipa kapiler pada AC. karena apabila salah dalam pengisian freon pada kulkas dapat mengakibatkan kebuntuan dan alhasil kulkas akan kur...ang dingin dan benda yang dimasukan ke evaporator tidak dapat membeku. Untuk melakukan cara pengisian freon pada kulkas sesuai prosedur adalah sebagai berikut dan alat-alat yang diperlukan adalah:

1. Freon kulkas R134a 2. Tang Ampere 3. Mesin vakum (apabila tidak mempunyai mesin vakum, dapat memvakum melalui pipa strainer/saringan) 4. Manifold gauge 5. Mesin Las Tabung Hi-Cook 6. Pentin (untuk mengisi Freon)

Cara Pengisian Freon:
1. Las pentil pada pipa yang terdapat di kompresor, biasanya ditandai dengan pipa pendek yang tidak terhubung kesistem kulkas.
2. Setelah Pentil terpasang ,pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon R134a.
3. dalam pengisian Freon kompresor harus dalam keadaan hidup dan tekanan harus di bawah 0 s/d -30psi yang sebelumnya telah divakum terlebih dahulu, kalau tidak kulkas tidak akan dingin.
4. Setelah selang semua terpasang selain selang warna merah, buka keran pada tabung freon hingga penuh.
5. kemudian pasang tang ampere pada salah satu kabel yang menuju overload kompresor dan biasanya angka menunjukan dibawah arus yang terdapat pada body kompresor, misanya pada 0,70A sebelum di isi freon sekitar 0,4A.
6. buka keran manifold warna biru secara perlahan-lahan jangan sampai melebihi 10psi. saat sambil mengisi freon sambil dirasa dengan telapak tangan pada bagian body kulkas, apakah terasa hangat? kalau terasa hangan berarti freon telah berjalan pada sistem kulkas tetapi bila terlalu panas STOP pengisian dan periksa Arus yang terdapat pada tang Ampere.
7. Setelah angka sudah menunjukan 10psi dan pada tang ampere sudah menunjukan angka yang sesuai pada Spesifikasi pada body kulkas misal 0,7A berarti freon telah selesai di isi dan tutup keran pada manifold, dan bila tekanan sudah maksimal yaitu 10psi tapi angka pada tang ampere menunjukan lebih dari yang tercatat pada body kulkas berarti kompresor kurang baik atau cek tegangan pada listrik apakah 220V, kalau kurang biasanya ampere akan naik.
8. Setelah freon telah terisi ke dalam kompresor matikan kulkas guna mengetahui lancar tidaknya sirkulasi freon berjalan, bila kulkas telah dimatikan menunjukan angka 45s/d100psi berarti sirkulasi freon pada kulkas normal dan berjalan lancar.
9. Setelah mengetahui sirkulasi freon berjalan lancar, hidupkan kembali kulkas tetapi setelah 5s/d10menit saat kulkas di matikan. ini aturan pabrik pembuatan kompresor.
10. Bila pada evaporator telah terasa dingin, jepit pipa pada pentil dan potong kemudian dilas sampai Freon tidak keluar lagi atau bocor. di sarankan menjepit pakai penjepit khusus pipa tembaga, jangan menggunakan tang biasa kadang bisa terjadi kebocoran pada pipa yang di jepit alhasil freon akan terbuang.
11. setelah pipa dilas dan manifold tidak terhubung lagi ke sistem kulkas, guna mengetahui berkurang tidaknya Freon dapat di lihat dari tang ampere. biasanya kalau freon berkurang angka pada tang ampere juga ikut berkurang biasanya masih ada kebocoran.kalau freon berkurang harus di isi lagi dari awal yaitu pemakuman. atau sebaiknya untuk pemula pentil jangan dipotong dulu guna kalau terjadi kurangnya freon dapat ditambah. ******dan akhirnya pengisian freon telah selesai*****

Maka sebab itu, setidaknya harus teliti dan hati-hati dalam pengisian freon kulkas. mudah-mudahan Rekan-rekan yang ingin belajar dapat memahaminya. SELAMAT MENCOBA MUDAH-MUDAHAN BERHASIL

dikutio dari http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20130411054230AA8XqMN

Cara Mengisi Freon Kulkas

Cara mengisi freon kulkas -service kulkas

Ada banyak kasus pada kulkas, seperti kulkas mati total,kulkas kurang dingin ,kulkas tidak dingin dan sebainya. kali ini kita akan membahas bagimana Cara mengisi freon kulkas, dimana hal ini sangat penting untuk dimengerti oleh setiap seorang teknisi kulkas atau siapa saja yang ingin memperbaiki kulkas.

Berikut langkah langkah dan praktek cara mengisi freon pada kulkas :

1. Siapkan freon kulkas R-134a atau MC 134 (produk MUSIcool)
2. Manifold gauge
3. Mesin Vakum
4. Methyl (cairan pembersih kulkas)
5. Mesin Las/ hicook tabung 6. Tang Amper Perlekapan untuk mengisi freon kulkas sudah siap tinggal prakteknya...

1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor kulkas. " kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu kulkas tidak bisa dingin dan kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor kulkas sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC

2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai 30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon kulkas, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon kulkas.

3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon kulkas jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran*jangan melebihi batas 10 psi

4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas, bila sisi kulkas terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya "STOP ", periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi kulkas teransa hangat hangat kuku LANJUTKAN isi freonya, kulkas hangat pada sisi luar menandakan sirkulasi freon pada kulkas normal.

5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik kulkas (name plat)ampere kulkas biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya kulkas. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.

6. Bila freon kulkas sudah mencapai tekanan 10psi *dengan alat ukur freon* tutup kran pada tabung freon kulkas dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan kulkas dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge.

7. Jarum manifold gauge pada saat kulkas di matikan angka menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi., berarti sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal.

8. Setelah kulkas di matikan dan tekanan freon di lihat normal pada manifold gauge nyalakan kembali kulkas tapi ingat setelah 5 s/d 10 menit baru kulkas tersebut boleh di hidupkan. *aturan baku dari pabrikan kompresor kulkas* Sebelum kulkas di isi freon lakukan flushing terlebih dahulu setelah itu di vakum dan baru di lanjut isi freonya, Saat pengisian freon kulkas di butuhkan kesabaran dan rilex sambil nyeruput kopi dan menikmati hidangan yang di sajikan pemilik kulkas
 
dikutip dari https://www.facebook.com/CatatanBengkel/posts/448975938466143

Friday, October 4, 2013

Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 1

Berbagai puing, debu, pasir dan kotoran akan menghambat adhesi dari lantai keramik sehingga sangat penting untuk membersihkan permukaan lantai sebelum dipasang keramik diatasnya. Untuk itu langkah pertama adalah membersihkan lantai sebersih mungkin.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 2

Setelah langkah pertama selesai, selanjutnya kita ukur dan coba meletakkan beberapa keramik di lantai tersebut, usahakan agar antara sisi kiri maupun kanan dari pinggir lantai memiliki ukuran sisa yang sama agar nantinya mudah dalam membuat potongan pinggir keramik sebab ukurannya tadi sama dan ini bermanfaat untuk memperindah lantai agar lebih rapi.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 3

Dalam langkah 3 ini, campur semen dan pasir yang sudah di ayak halus, perbadingannya 1:4. Tambahkan air secukupnya.

Langkah 4

Ratakan permukaan lantai kamar mandi maupun toilet dengan campuran yang telah dibuat dalam langkah 3. Perhatikan ketebalan permukaan campuran harus sama setidaknya 1,5 cm hingga 2 cm. Jangan terlalu tipis agar keramik bisa merekat kuat diatas permukaan lantai.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 5

Kemudian rekatkan satu keramik diatas lantai dan tekan dengan palu namun hati – hati menekannya jangan sampai keramik tersebut retak. Tekanan tersebut dimaksudkan agar keramik menempel kuat diatas permukaan lantai.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 6

Ulangi langkah 5 dan beri jarak antara masing – masing sisi keramik setidaknya 0,5 cm.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 7

Bila kita telah mencapai sisi lantai dimana ukurannya tidak sesuai dengan ukuran keramik, gunakan alat untuk memotong keramik sehingga memiliki ukuran yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Kemudian pasang pada sisi pinggir lantai tersebut.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Langkah 8

Setelah pemasangan semua keramik selesai, maka tinggal membersihkannya. Gunakan spon basah untuk membersihkan permukaan keramik agar campuran perekat yang terbuat dari pasir dan semen tersebut hilang. Langkah pembersihan keramik tak selesai sampai disini, pasti saat mengelap dengan spon akan masih meninggalkan noda untuk itu biarkan keramik tersebut kering lebih dulu baru bersihkan dengan kain kering dan sapu.
Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet
Melalui 8 langkah mudah diatas kita bisa mengerti bagaimana cara memasang keramik di lantai toilet, kamar mandi hingga ruangan lainnya. Bila sewaktu – waktu anda melakukannya anda akan mudah melakukannya sebab tahu bagaimana cara-nya step by step, tinggal diterapkan saja…
dikutip dari : http://sedotwcjakarta.net/blog/tutorial/cara-memasang-lantai-keramik-kamar-mandi-toilet/